Cara Mencerahkan Warna Karpet yang Kusam




Karpet bisa membuat ruangan anda tampak lebih mewah dan lebih luas, tergantung motif, ukuran dan padanan warna terhadap ruangan.

Selain fungsi visualisasi untuk mempercanti ruangan, karpet juga membuat orang nyaman untuk beraktivitas di lantai. Geletakan, bermain, nonton tv sambil tiduran dan banyak aktivitas lain bisa dilakukan di karpet dengan nyaman.

cara mencerahkan warna karpet


Sayangnya karpet jika terlalu sering diinjak, lama kelamaan warnanya jadi pudar dan menjadi kusam. Makin sering diinjak, diduduki atau kena beban lain, warna karpet makin buruk dan jadi kasar. Tentu ini akan menurunkan keindahan karpet dan kenyamanan saat dipakai.

cara cuci karpet

Sebenarnya sudah cukup banyak jasa pembersihan karpet yang menyediakan pelembut artificial yang berkualitas. Namun selain kita harus go green, biasanya membersihkan dan mencuci karpet, tarifnya cukup mahal. Padahal dengan sedikit usaha, karpet anda tetap cerah warnanya, jadi buat apa dibawa ke laundry, kita bersihkan sendiri saja.

Trik yang banyak digunakan untuk menjaga pudarnya warna karpet adalah menggunakan teh. 
cara mencerahkan warna karpet


  1. Pertama campurkan daun teh halus dan kering dengan garam dan aduk sampai merata. Pastikan tidak ada sisa garam dalam adukan anda. 
  2. Kemudian percikkan secara merata air tadi ke permukaan karpet. Lebih baik lagi jika anda gunakan tempat parfum setrika atau penyemprot burung supaya percikannya merata. Setelah itu diamkan selama satu jam.
  3. Saat anda diamkan, air akan menguap dan meninggalkan daun teh lembab di permukaan karpet. Kemudian bersihkan daun teh tersebut menggunakan vacuum cleaner. 
  4. Jika masih ada kotoran atau warna kusam yang membandel, bantulah dengan menggosok dengan sikat lembut sampai warnanya muncul kembali.


Jika anda tidak punya daun teh halus, anda bisa menggunakan garam. Garam memiliki khasiat yang mirip dengan teh halus yaitu menyerap kelembaban dan mengikat kotoran.

cara mencerahkan warna karpet

Caranya adalah :

  1. Taburkan garam secara merata di permukaan karpet yang kusam.
  2. Diamkan selama satu atau 2 jam, tergantung dari kondisi kekusaman karpet. 
  3. Setelah itu bersihkan garam tersebut menggunakan vacuum cleaner sampai bersih. Pastikan tidak ada garam yang tersisa karena akan mengundang serangga. 
  4. Tidak perlu khawatir karena sebenarnya vacuum cleaner mampu meyedot seluruh garam tabur, yang penting anda pastikan semua daerah yang anda taburi sudah terkena sedotan.

Sama seperti saat menggunakan teh halus, jika ada daerah karpet yang terlalu kusam dan tidak membaik dengan teh halus maupun  garam, anda harus membantunya dengan menyikat pelan-pelan karpetnya menggunakan sikat yang halus.

Untuk membantu memunculkan kembali warna karpet, gunakan campuran air dan cuka dengan perbandingan 10:1. Gunakan spons atau sikat gigi atau sikat lain yang halus untuk menggosok permukaan karpet yang kusam.

Setelah pembersihan menggunakan air cuka jangan lupa bilas dengan cara mencelupkan spons bersih (bukan spons tadi)  ke dalam ait bersih dan menggosok daerah yang tadi kena air cuka sampai bersih. Lakukan penggosokan sampai bersih dan tidak ada lagi bau cuka.
Jika anda sedang tidak punya cuka, anda bisa menggunakan larutan garam sebagai pengganti cuka. Walaupun hasilnya tidak semaksimal menggunakan cuka namun masih mending daripada tidak ada sama sekali.

Cipratkan larutan garam ke permukaan karpet yang kusam dan sikat searah alur rambut karpet sampai warnanya muncul. Dengan air garam anda mungkin perlu melakukan beberapa kali penyikatan dan pembilasan dengan air bersih sebelum warna kusamnya menghilang.

Silahkan Dibagikan Apabila Artikel Ini Bermanfaat

Related Posts

Previous
Next Post »