Cara Merawat Parket Lantai Kayu

Blogrumahidaman.com -Parket lantai kayu di negara kita memang tidak terlalu umum karena bernilai investasi lebih mahal dibanding lantai keramik, apalagi dengan lantai semen. Namun beberapa kantor, villa dan rumah mewah mengaplikasikan parket lantai kayu dengan kelebihannya yang enak di kaki, dan kesan mewah. 

Namun konsekuensinya memang di biaya investasi dan biaya perawatan yang relatif lebih tinggi dibandingkan dengan lantai ‘biasa’.

parket lantai kayu
Aplikasi Parket Lantai Kayu
Parket lantai kayu lebih sensitif terhadap goresan dan kelembaban karena itu kita harus lebih berhati-hati saat berada di ruangan yang menggunakan parket lantai kayu. Jangan menjatuhkan dan atau menggoresnya dengan beban berat apalagi berbahan logam. 

Parket lantai kayu juga tidak terlalu tahan terhadap cairan, jadi jangan menumpahkan cairan di parket lantai kayu. Apalagi minuman manis karena akan meresap ke pori-pori dan dalam jangka waktu dekat akan menarik kedatangan semut dan dalam jangka waktu lama akan menjadi sumber perkembangan bakteri dan membusukkan kayu.

Karena itu beberapa proteksi diberikan pada aplikasi parket lantai kayu. Minimal ada aplikasi pelapis anti air. Beberapa tukang bangunan bahkan menambahkan lagi pelapis yang dicatkan ke permukaan parket lantai kayu untuk menambah ketahanannya terhadap air dan kelembaban.

Meskipun aplikasi proteksi terhadap air sudah berlapis, biasanya tukang bangunan masih melarang yang punya rumah untuk tidak langsung mengepel parket lantai kayu dengan air karena kelembaban yang tinggi pada parket lantai kayu akan merusak kayu.  

Bahkan jika parket lantai kayu masih utuh, seringkali lem parket lantai kayu mulai lepas dan menimbulkan suara berdecit saat diinjak. Tentu itu akan menjadi pengalaman tidak menyenangkan bagi pemilik rumah. Berikut beberapa tips cara merawat parket lantai kayu yang paling dibutuhkan:

  1. Parket lantai kayu sebaiknya dibersihkan secara berkala setiap hari. Gunakan vacuum cleaner untuk menghilangkan kotoran, debu dan lainnya yang biasanya terjebak diantara sela-sela kayu. Anda bisa juga menggunakan sapu yang berbulu lembut untuk membersihkan permukaan kayu namun yang terbaik hasilnya menggunakan vacum cleaner. Hindari penggunaan sapu jerami, sapu berbahan plasti, sapu ijuk apagi sapu lidi karena kekerasan bahannya akan menggores lantai cantik ini.
  2. Seminggu sekali lap permukaan parket lantai kayu menggunakan kain katun atau yang berbahan lembut lainnya. Ada toko yang menjual cairan untuk membersihkan permukaan parket lantai kayu, gunakan itu jika anda menemui kotoran membandel. Hindari penggunaan air bahkan sabun cair sekalipun karena dikhawatirkan kelembabannya terperangkap pada parket lantai kayu dan memicu pembusukan.
  3. Jika anda menumpahkan cairan apapun di parket lantai kayu, segera keringkan dengan lap, sponge atau kanebo. Kanebo adalah bahan terbaik untuk menyerap cairan yang tumpah, menyediakan satu di ruangan berlantai kayu adalah ide yang baik. Jika ada noda tertinggal gunakan chemical khusus untuk parket lantai kayu dan jangan membersihkannya menggunakan air atau sabun.
  4. Supaya parket lantai kayu berumur panjang, lakukan coating atau pelapisan ulang setiap dua tahun agar parket lantai kayu anda awet dan tahan lama keindahannya. 


Demikian ulasan kami tentang cara merawat parket lantai kayu, semoga bermanfaat untuk Anda.

Silahkan Dibagikan Apabila Artikel Ini Bermanfaat

Related Posts

Previous
Next Post »