Cara Memasang Dan Membuat Pondasi Rumah Yang Baik


Membuat Pondasi Rumah - Pondasi adalah struktur bangunan paling bawah yang berguna sebagai tempat berdirinya bangunan dan sebagai penahan beban struktural diatas tanah. Pondasi harus mampu menyangga beban yang dibangun diatasnya dan mencegah terjadinya differential settlement supaya tidak terjadi keruntuhan struktur bangunan. 


membuat pondasi rumah


Di Indonesia yang merupakan bagian dari cincin gunung api, seharusnya membuat pondasi rumah tidak hanya memperhitungkan beban bangunan dan tekanan angin namun harus pula memprediksi dan menahan beban gempa yang secara rutin terjadi.

Secara umum pondasi ada 2 jenis saja yaitu pondasi dangkal dan pondasi dalam. Pondasi dangkal adalah pondasi yang diperuntukkan untuk bangunan sederhana dengan ketinggian rendah seperti rumah satu lantai, perkantoran satu lantai, comercial shop atau barak.

Pondasi dalam diperuntukkan untuk advanced building seperti gedung pencakar langit, hotel bertingkat, tugu dan monumen tinggi dan semacamnya. Untuk aplikasi gedung dan rumah tinggal dengan ketinggian diantaranya bisa menggunakan pondasi dangkal yang ditinggikan maupun pondasi dalam yang direndahkan. 

Semua diatur sesuai kebutuhan beban strukturalnya. Ada beberapa variasi aplikasi untuk pondasi dangkal:

a. Pondasi Telapak


membuat pondasi rumah

Pondasi telapak ini biasanya diaplikasikan untuk membuat pondasi rumah panggung. Pondasi jenis ini termasuk aplikasi pondasi paling tua yang dilakukan masyarakat kita. Bentuknya berupa limas segi empat dan berupa beton tanpa tulang. Pondasi ini bertujuan untuk memegang dan menahan kaki-kaki rumah panggung. Kekuatan pondasi ini cukup rendah dan hanya diperuntukkan bagi rumah tinggal saja.

b. Pondasi Rollag Bata


membuat pondasi rumah

Pondasi jenis ini memiliki kedalaman paling rendah dan dibangun menggunakan tumpukan batu bata yang direkatkan dengan campuran semen dan pasir. Pondasi jenis ini diperuntukkan untuk menahan beban lantai emperan, teras, selasar, atau lantai pejalan kaki. Tidak digunakan untuk menahan beban yang berat dan pengerjaannya lebih cepat.

c. Pondasi Batu Kali


membuat pondasi rumah


Seperti namanya, pondasi ini menggunakan batu kali sebagai bahan dasarnya. Bahan lain yang menjadi campuran adalah pasir dan semen. Pondasi batu kali diperuntukkan untuk bangunan kecil dan sedang yang paling umum diaplikasikan pada bangunan perumahan dan kantor satu lantai. 

Pondasi batu kali berguna untuk menyalurkan beban di sepanjang alur bangunan secara merata. Aplikasi yang tidak merata pada pondasi jenis ini akan menyebabkan keretakan akibat turunnya sebagian pondasi.

Pondasi batu kali memiliki ketinggian sekitar 60-80 cm tergantung dari beban yang nantinya dibangun diatasnya. Berbentuk trapesium untuk menyebarkan beban yang diterima diatasnya ke area yang lebih besar di bawahnya.

Lebar trapesium atas sekitar 20-30 cm dan lebar trapesium bawah sekitar 60-100 cm. Dibangun dengan batu kali dengan diameter 30-50 cm dan direkatkan dengan campuran pasir dan semen. Pembangunan pondasi batu kali yang standard mampu menahan struktur bangunan bahkan saat terkena angin dan gempa bumi.

Pondasi batu kali adalah pondasi yang paling populer di Indonesia karena aplikasinya sangat cocok dengan geografis indonesia namun kadang standarnya tidak masuk.


MEMASANG PONDASI RUMAH DENGAN BAIK

Pemasangan Bouwplank

Sebelum anda memulai membuat pondasi rumah, anda harus memasang bouwplank sebagai penanda dan guidance bagi tukang bangunan dalam bekerja.


membuat pondasi rumah


Yang dimaksud dengan bouwplank adalah menancapkan patok-patok kayu di pojok-pojok lokasi pondasi, menarik benang di center pondasi, memasang penanda lokasi septic tank dan sumur, lokasi pipa-pipa dan fasilitas penting lainnya.

membuat pondasi rumah


Tali-tali, kawat dan patok kayu tersebut memang benda sederhana tetapi memiliki peran vital pada kualitas bangunan rumah anda nantinya. Pemasangan bowplank harus benar-benar siku dan sesuai gambar kerja. Termasuk didalamnya menarik benang keatas sejajar dengan tembok untuk memastikan tembok tegak lurus dengan tanah. Tentu saja sebeum memasang bouwplank, dilakukan pengukuran yang seksama dan memastikan ukuran dan posisi-posisinya.

Penggalian Pondasi

Pondasi adalah penunjang utama rumah anda nantinya. Rumah anda secara keseluruhan akan dibangun diatas pondasi. Jika pondasinya cacat, entah miring, kurang kuat, retak, defect dan lainnya maka rumah anda akan terancam. Karena itu sudah sepantasnya jika anda memberikan perhatian dan investasi yang cukup untuk membangun pondasi.

membuat pondasi rumah


Pondasi juga perlu memperhitungkan desain rumah. Jika rumah anda akan berlantai 3 atau lebih, boleh dipertimbangkan untuk memasang tiang pancang supaya kuat. Ingat lho, kita negara yang langganan gempa. Jangan sampai anda beli rumah lalu hancur gara-gara gak ditempati atau runtuh akibat gempa ringan.

Amati pula jenis tanahnya. Tanah yang banyak mengandung batu dan rasanya padat, anda bisa membangun pondasi lebih dangkal. Namun jika tanah tempat anda membangun agak berpasir dan berair, anda bisa memperhitungkan untuk memasag tiang pancang.

Untuk tanah yang normal-normal saja, kedalaman pondasi yang ideal adalah 75cm. Bagian bawah diberi batu kali yang besar-besar. Lalu diatasnya bisa ditambah semen dan pasir untuk mengisi rongga antar batu. Pondasi model begini dinamakan pondasi batu kali dan sangat populer untuk membangun rumah.

Jika dilakukan dengan benar, pondasi batu kali lebih dari cukup untuk menahan rumah anda dari goncangan gempa reguler maupun tingkah polah keluarga didalamnya.

Seperti dibahas diatas, ada pula pondasi menggunakan tiang pancang. Biasanya untuk rumah berlantai banyak, gedung bertingkat atau villa di pinggir pantai atau yg berdiri diatas tanah yang super lembek. Pondasi tiang pancang cukup mahal baik dari biaya material maupun man power dan peralatan yang digunakan.

Mengingat sangat pentingnya membuat pondasi rumah yang baik, maka sebaiknya anda memberikan perhatian ekstra saat membuat pondasi rumah anda dibangun. Apalagi jika rumah anda dibangun developer. Sebaiknya anda turut menunggu proses pemasangan pondasi. 

Silahkan Dibagikan Apabila Artikel Ini Bermanfaat

Related Posts

Previous
Next Post »