Cara Menghilangkan Bau Cat Rumah Baru

Anda baru mengecat rumah atau baru saja menempati rumah baru? Wajar jika anda membaui aroma cat rumah yang menusuk hidung. Aroma cat rumah mengering memang agak lama hilangnya, namun dengan sirkulasi udara yang baik maka semakin lama bau cat rumah tersebut akan hilang.

cat rumah


Sayangnya anda tidak bisa mencegah aroma itu muncul dari cat rumah yang mengering kecuali anda mengganti cat rumah menggunakan cat rumah jenis yang tidak berbau. 

Namun jika anda tidak alergi bau, sebaiknya anda tidak perlu mengeluarkan uang ekstra hanya untuk menggunakan cat rumah yang tidak berbau. Melainkan dengan menerapkan beberapa tips mudah berikut ini anda akan terhindar dari bau yang tidak menyenangkan karena cat.

1. Garam dan Air

cat rumah

Letakkan beberapa mangkuk yang berisi campuran garam dan air di beberapa tempat dalam ruangan yang baru dicat. Sifat garam yang menyerap akan menetralisir bau cat dalam ruangan. Mungkin tidak hilang 100% namun bau cat akan menurun secara signifikan.

2. Air cuka 


Air cuka juga memiliki sifat yang sama dengan larutan garam bahkan lebih kuat. Karena itu selain bisa menggantikan, larutan cuka juga bisa dikombinasikan dengan larutan garam. Taruh beberapa larutan cuka dalam mangkok di ruangan ang baru dicat pasti bau cat akan berkurang drastis. Jika masih ada bau cat, tambahkan lagi semangkok cuka sampai bau cat menghilang.


3. Kopi 



Dari sejak mula sudah digunakan sebagai bahan yang menyerap bau. Kali ini anda bisa juga menggunakan kopi untuk menyerap bau cat rumah. Apalagi kopi juga mengeluarkan aroma yang sedap. Jadi selain menghilangkan bau cat rumah, aroma ruangan menjadi lebih sedap dengan aroma kopi. 

Gunakan campuran kopi dan vanili dalam mangkuk dan letakkan di beberapa tempat pada ruangan yang berbau cat rumah. Sebaiknya di pojok-pojok ruangan. Jika diperlukan anda bisa menaburkan 2 sendok vanili langsung ke dalam cat rumah yang akan digunakan sehingga saat cat dioles ke tembok, aroma cat akan langsung tertutup oleh aroma vanili.


4. Bawang Bombay



Jurus lain yang tidak kalah manjur adalah menggunakan bawang bombay. Untuk ruangan 3x3 anda cukup menggunakan 2-3 tongkol bawang bombay. Iris tipis-tipis dan letakkan di piring dan siram dengan air. Letakkan di beberapa tempat dalam ruangan tersebut. 
Aroma bawang bombai akan menekan aroma cat dalam ruangan.



5. Nanas



Jika anda menginginkan aroma yang lebih segar maka nanas adalah solusinya. 
Cukup dengan sepotong nanas utuh di setiap ruangan, bau cat rumah akan cepat hilang. Bahkan bau nenas yang segar akan memenuhi ruangan dan membuat suasana lebih nyaman. Hal yang sama juga bisa anda lakukan dengan kulit jeruk, kulit lemon atau jeruk bali. Bau jeruk yang khas dengan kuat akan menekan bau cat dalam ruangan. Cukup banyak tukang cat yang memfavoritkan jeruk untuk menghilangkan bau cat karena dirasa paling effektif.

Semoga tips cara menghilangkan bau cat baru diatas bermanfaat untuk Anda.

Silahkan Dibagikan Apabila Artikel Ini Bermanfaat

Related Posts

Previous
Next Post »