Tips Awal Membangunan Rumah Idaman


rumah idaman

Ada hal yang harus diperhatikan dalam membangun rumah idaman diantaranya adalah biaya. Bagi yang memiliki budget pas-pasan menabung adalah salah satu solusi, supaya kita dapat membangun rumah idaman menjadi istana bagi kita maupun keluarga tercinta. 

Merencanakan biaya membangun rumah adalah hal yang sering diperbincangkan. 
Mulai dari cara mendapatkan dananya, merencanakan untuk apa saja dana tersebut sampai bagaimana cara merealisasikannya.  Masih berkaitan dengan biaya membangun rumah, apakah kita akan menabung terlebih dahulu sampai uangnya cukup untuk membeli rumah idaman atau kpr rumah di lembaga pembiayaan juga menjadi hal perlu dipertimbangkan.


rumah idaman

Biaya Desain & konsultasi

Membangun rumah minimalis modern tentunya berbeda dengan membangun rumah sederhana, oleh karena itu tentukan di awal desain rumah idaman Anda. Karena desain rumah berhubungan langsung dengan besar kecilnya biaya pembangunan rumah. Pada umumnya, biaya desain arsitektur rumah berkisar antara 2% sampai 4% dari rencana anggaran biaya pembangunan rumah

Saat ini, sudah banyak arsitek-arsitek profesional yang membuka jasa konsultasi untuk membangun rumah idaman anda.  Bagi Anda yang memiliki budget terbatas, Anda bisa memilih alternatif lain untuk meminimalisir biaya konsultasi tersebut. Misalnya, anda bisa mendesain rumah sendiri dengan bantuan internet, atau dengan mencoba berkonsultasi di forum-forum arsitektur yang sudah banyak membuka diskusi di internet.

Anda bisa menghemat biaya konsultasi rumah yang bisa anda gunakan atau alokasikan untuk biaya yang lainnya. Biasanya harga desain rumah ditentukan berdasarkan harga per meter persegi pada umumnya.  Bila lokasi Anda berada di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek), harga desain rumah Anda bisa berkisar antara 50 ribu hingga 100 ribu rupiah per meter persegi.


rumah idaman

Rencana Anggaran Biaya

Ada hal penting lainnya yang berkaitan dengan biaya membangun rumah yang menentukan anggaran membangun sebuah rumah antara lain harga bahan bangunan, di masing-masing daerah berbeda beda. 

Harga bahan bangunan tentu akan berkaitan dengan kualitas bangunan yang akan dibuat. Semakin pintar kita memilih bahan bangunan, baik dari segi kualitas bahan dan harganya, tentu kita akan menuai keuntungan jangka panjang. Dalam hal ini, jika kualitas bangunan yang dibuat tersebut bagus, maka anda tidak perlu lagi sering berpikir tentang biaya perbaikan rumah jangka panjang yang tentu juga akan merogoh banyak kocek, waktu dan tenaga Anda dikemudian hari.

Biaya pembangunan rumah juga akan dipengaruhi seberapa luas bangunan anda.  Semakin luas bangunan rumah, tentu semakin banyak pula yang harus dibangun. Untuk itu, anda perlu mempertimbangkan berapa budget anda, dan berapa luas rumah idaman Anda yang akan dibangun dengan budget yang telah anda sediakan.

Tingkat kesulitan juga akan mempengaruhi apakah biaya yang anda keluarkan untuk membangun rumah membengkak atau efisien. Tingkat kesulitan ini berkaitan dengan seberapa banyak ruangan yang ada di rumah anda, tingkat kerumitan bagian dalam rumah, serta apakah anda akan membangun rumah minimalis atau rumah maksimalis.  Tentunya hal ini hanya anda yang bisa menentukan.

Perencanaan pembangunan rumah tidak bisa lepas dari dampak inflasi setiap tahunya yang otomatis akan mengakibatkan kenaikan harga-harga kebutuhan dalam proses membangun rumah. 

Tentunya, dengan perencanaan yang matang, jangka waktu yang telah ditentukan, serta cara pembiayaan yang telah anda pilih, Anda dapat segera merealisasikan rumah idaman Anda dan keluarga tercinta. 

Silahkan Dibagikan Apabila Artikel Ini Bermanfaat

Related Posts

Previous
Next Post »