Informasi Tentang KPR Rumah

simulasi kpr


Memiliki rumah idaman merupakan impian setiap orang terutama untuk Anda yang sudah berkeluarga karena merupakan salah satu kebutuhan primer.

Cermati sejak awal sebelum menentukan pilihan kredit rumah melalui KPR karena dapat berakibat fatal dalam tanggungan keuangan Anda setiap bulannya. Kami telah mengumpulkan data mengenai kredit rumah melalui KPR bank, untuk memudahkan Anda mengerti lebih dalam tentang cara kredit rumahSerta apa saja yang harus Anda ketahui sebelum mengajukan KPR.

kredit rumah

Apa saja jenis KPR yang ditawarkan bank-bank di Indonesia?

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan KPR subsidi seperti gaji pokok maksimal, lama rumah harus dihuni, lokasi rumah, dan cara pembayarannya. 

Salah satu bank yang terkenal dengan KPR subsidi adalah KPR Bank BTN. Untuk informasi lebih lanjut tentang berbagai kredit rumah murah yang ditawarkan KPR BTN silahkan baca ulasan artikel kami tentang KPR BTN dengan klik disini.

simulasi kpr

Setiap bank memiliki persyaratan yang berbeda-beda untuk melakukan KPR rumahDokumen-dokumen yang harus disiapkan pada umumnya seperti KTP, Kartu Keluarga, Surat Nikah, Foto, Rekening Koran, Rekening Tabungan, NPWP, Slip Gaji, Surat PBB dan Keterangan Kerja yang mendukung untuk aplikasi kredit rumah Anda. 

Syarat KPR lainnya seperti minimum penghasilan, catatan kredit Anda, jumlah kartu kredit yang dimiliki atau pinjaman lain yang Anda miliki, juga akan mempengaruhi kepastian antara disetujui atau tidaknya aplikasi KPR Anda. 

Masing-masing produk KPR rumah memiliki persyaratan yang bervariasi tergantung ketentuan pihak bank yang mengeluarkan produk KPR rumah tersebut. 

Contohnya seperti KPR subsidi dan KPR Syariah memiliki persyaratan yang berbeda dalam pengajuan aplikasi KPR

simulasi kpr


Suku Bunga Dasar Kredit adalah bunga yang digunakan bank sebagai referensi suku bunga KPR floating (mengambang). Kebijakan Suku Bunga Dasar Kredit dikeluarkan Bank Indonesia (BI) yang bertujuan meningkatkan transparansi tentang karakteristik produk perbankan, manfaat, biaya dan resiko dari masing-masing produk. 

Selain itu, Suku Bunga Dasar Kredit membantu nasabah agar lebih mengetahui produk bank, serta mendorong persaingan sehat dalam industri perbankan melalui terciptanya disiplin pasar yang lebih baik. 


Apabila saya tidak bisa melunasi KPR rumah, apa yang terjadi?
Properti akan di sita atau di ambil alih oleh bank, ketika sang pembeli tidak mampu melanjutkan cicilan KPRLalu bank akan melaksanakan penjualan atau pelelangan terhadap rumah tersebut, dengan tujuan agar sisa pinjaman bisa dilunasi. 

Salah satu kebijakan KPR Syariah adalah apabila rumah telah dilelang, ternyata harga rumah lebih besar dari jumlah tunggakan pinjaman. Maka kelebihan uang akan dibagi rata kepada pemilik awal dan Bank KPR Syariah tersebut.

simulasi kpr

KPR Rumah Tanpa DP apakah bisa?
Apakah Anda ingin KPR rumah murah? jawabannya pasti ingin benget.. lebih enak lagi kalo tanpa DP ini yang diinginkan bagi sang pembeli rumah. Nah.. salah satu faktor yang bisa membuat KPR murah adalah besar atau kecilnya jumlah uang muka (DP) yang dibayarkan waktu awal pembelian rumah.

Seperti diketahui, bank dapat memberikan pinjaman atau KPR berdasarkan sejumlah prosentase (Plafon pinjaman) dari harga rumah yang ingin dibeli. Sedangkan sisanya merupakan DP, yang harus dibayarkan pembeli kepada sang penjual. 

Untuk mendapatkan kredit KPR tanpa DP, merupakan sesuatu hal dapat terjadi hanya jika Bank memiliki perjanjian atau kerja sama tertentu dengan sang penjual rumah. Akan tetapi, pada umumnya kpr rumah tanpa dp merupakan pinjaman yang sangat jarang diberikan oleh bank. 

Di Indonesia, paling tinggi prosentase jumlah kredit rumah yang ditanggung oleh bank hanya akan mencapai 80% atau 90% dari harga rumah. Sehingga 10%-20% adalah uang muka atau DP yang harus dibayarkan. 

Dengan kata lain, kredit rumah tanpa DP cukup mustahil untuk didapatkan pada situasi ekonomi sekarang untuk yang belum mengetahui caranya. Mau tau caranya?.. nantikan artikel kami berikutnya yah..

simulasi kpr

Bagaimana cara menggunakan kalkulator KPR?
Kalkulator KPR yang mudah dipahami untuk membantu dalam menghitung cicilan bulanan dari kredit kepemilikan rumah Anda. 

Cara menggunakannya, Anda hanya perlu lalu masukan harga rumah, jumlah uang muka, suku bunga bank dan lama tenornya. 

Kalkulator kpr akan langsung menghitung cicilan bulanan, serta simulasi KPR

kpr btn

Anda dapat melakukan refinancing atau take over KPR ke bank lain yang memberikan suku bunga yang lebih rendah dari KPR rumah yang Anda miliki sekarang. Dengan Refinancing atau take over KPR, Anda dapat menikmati keuntungan dalam penurunan suku bunga, serta keringanan dalam membayarkan angsuran KPR per bulan. 

Take over KPR atau refinancing dapat memberikan sejumlah dana tunai atau cash back yang bisa digunakan untuk keperluan pribadi jika harga properti Anda telah naik.

syarat kpr btn

Yang perlu diperhatikan dalam memilih KPR?
Plafon Pinjaman adalah jumlah pinjaman yang ditunjukkan dalam bentuk persentase dari harga rumah yang ingin dibeli.  Semakin besar jumlah plafon pinjamannya, mak semakin kecil jumlah DP yang harus Anda keluarkan. Maksimum plafon pinjaman yang disediakan bank adalah hingga 90% dari harga rumah, dan dinilai dari faktor-faktor berupa:
  • Tipe properti
  • Lokasi properti
  • Umur peminjam
  • Pendapatan peminjam
  • Kerja sama developer
  • Persyaratan lainnya dari pihak bank


Penalti Pelunasan Awal
Beberapa bank memberikan penalti pelunasan awal jika sebagian jumlah dari pinjaman atau total pinjaman dilunasi dalam kurun waktu tertentu, termasuk jika Anda melakukan refinancing dengan bank lainnya.


Denda & Biaya Lainnya
Pada saat Anda mengajukan aplikasi KPR rumah, Anda diharuskan untuk membayar biaya-biaya tertentu. 

Beberapa biaya yang dikenakan berupa : Biaya Provisi, Biaya Penilaian, Biaya Administrasi, Biaya Notaris, Asuransi dan Biaya Materai.

Semoga artikel seputar KPR ini bermanfaat untuk Anda.

Silahkan Dibagikan Apabila Artikel Ini Bermanfaat

Related Posts

Previous
Next Post »